Saturday, February 28, 2015

Mesin Fotocopy Murah Tapi Berkualitas

Mesin Fotocopy Murah Tapi Berkualitas adalah judul postingan saya pada kesempatan kali ini. Di zaman yang semakin modern ini, berbagai mesin teknologi telah mengalami perubahan yang sangat pesat, seperti halnya mesin fotocopy. Mesin fotocopy saat ini sudah semakin canggih, jika di tahun sebelumnya mesin fotocopy hanya berfungsi untuk mencetak atau mengcopy saja, namun saat ini sudah banyak fungsinya, diantaranya adalah :

1. Foto copy (Sudah sejak dulu)
2. Scan
3. Printer
4. Fax
5. Email

Mesin Fotocopy Murah Tapi Berkualitas
Mesin Fotocopy Murah Tapi Berkualitas

Sudah jelas bukan, betapa sangat bermanfaatnya mesin fotocopy saat ini. Kehadiran mesin fotocopy yang sudah semakin canggih ini juga meringankan para pengusaha atau pemilik mesin fotocopy, karena pekerjaannya menjadi lebih cepat dan ringan. Jika dahulu mesin fotocopy dibanderol dengan harga mahal, namun saat ini harga mesin fotocopy sudah terbilang cukup terjangkau. Saya sarankan Anda membeli mesin fotocopy kepada para distributor yang terpercaya atau dealer resmi mesin fotocopy.

Sebelum Anda mengambil keputusan untuk memiliki mesin fotocopy, sebaiknya perhitungkan terlebih dahulu uang tabungan Anda, agar pengeluaran uang Anda tidak kacau, karena harga mesin fotocopy lumayan merogoh kocek yang dalam. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari informasi mengenai mesin fotocopy murah tapi berkualitas, maka saya akan berikan informasi mengenai hal itu. 

Adapun informasi mesin fotocopy murah tapi kualitas bagus adalah sebagai berikut:

1.Mesin Fotocopy Canon IR 1024,  Harga Berkisar Rp.11.250.000
2.Mesin Fotocopy Canon IR 2002,  Harga Berkisar Rp.15.600.000 
3.Mesin Fotocopy Canon IR 2002N, Harga Berkisar Rp.16.750.000
4.Mesin Fotocopy Canon IR 2520,  Harga Berkisar Rp.21.000.000 
5.Mesin Fotocopy Fuji Xerox Docucentre S1810 LCPS, Harga Berkisar Rp.14.750.000
6.Mesin Fotocopy Fuji Xerox Docucentre S2010 LCPS, Harga Berkisar Rp.15.750.000
7.Mesin Fotocopy Fuji Xerox Docucentre S2220 LCPS, Harga Berkisar Rp.17.000.000
8.Mesin Fotocopy Fuji Xerox Docucentre S2220 CPS,  Harga Berkisar Rp.19.000.000


20 Bagian Mesin Fotocopy Dan Fungsinya

20 Bagian Mesin Fotocopy Dan Fungsinya adalah postingan saya pada kesempatan kali ini. Jika kita memiliki mesin fotocopy entah itu Canon, Xerox, Konica Minolta dan Agfa, ada baiknya kita memahami bagian-bagian mesin fotocopy serta fungsinya, maksudnya adalah agar ketika mesin mengalami error atau kerusakan, maka kita cepat tanggap dalam memperbaikinya. Untuk itu berikut ini adalah bagian-bagian mesin fotocopy dan fungsinya:

Bagian Mesin Fotocopy Dan Fungsinya
20 Bagian Mesin Fotocopy Dan Fungsinya


1. ADF (Automatic Document Feeder) bagian ini terdapat di atas mesin fotocopy, kegunaan ADF ini adalah selain untuk penutup fotocopy, benda ini juga bisa untuk mengcopy berkas secara otomatis, jadi Anda tidak perlu mengcopy berkas satu-persatu.

2. Korona bawah, bagian ini letaknya ada di unit pemanas dan berfungsi untuk mengatur keseimbangan jalannya kertas ketika melewati area drum. Di sarankan korona bawah ini secara rutin untuk dibersihkan, banyak yang menyarankan dibersihkan setiap hari kalau mesin tersebut sering digunakan. Maksudnya agar hasil fotocopy senantiasa dalam performa terbaik.

3. Korona atas, lokasinya ada dibagian unit drum, fungsinya adalah untuk memberikan keseimbangan drum ketika drum mulai menyalin gambar.  Juga disarankan seperti yang saya jelaskan seperti nomor dua.

4. Lampu Scaner, letaknya ada di permukaan kaca bagian atas, bagian ini berfungsi untuk memindahi atau Scan berkas yang sedang disalin. Sebaiknya ketika lampu Scaner ini menyala, maka jangan di lihat karena dapat menyebabkan mata kita rusak, karena sinar lampu Scaner ini termasuk sinar ultraviolet, yang dimana sangat membahayakan bagi kesehatan mata kita.

5. Kaset kertas / baki kertas, lokasinya dibagian bawah fotocopy, bagian ini berfungsi untuk menampung kertas yang akan difotocopy, sebaiknya ketika akan mengisi kertas, disarankan pelan-pelan dalam mengisinya karena bagian ini mudah patah.

6. Stack Bypass, lokasinya ada disamping mesin fotocopy, fungsinya untuk jalur cepat dalam pengcopyan.

7. Developing, fungsinya untuk menampung toner atau tinta yang akan masuk pada area drum. Hati-hatilah ketika memasukkan komponen ini, karena lokasinya berdampingan dengan drum, maksudnya agar tidak terjadi kontak fisik dengan drum, disarankan ketika memasukkan harus sejajar, tidak boleh miring.

8. Drum, fungsinya adalah untuk mencetak gambar yang dihasilkan dari proyeksi yang dipantulkan, dari berbagai spare part yang ada di dalam mesin fotocopy, bagian Drum inilah harganya yang paling mahal yakni sekitar 6-8 juta per unit. Nah untuk itu lebih berhati-hatilah dengan Drum mesin fotocopy Anda. Ciri-ciri drum yang masih bagus adalah jika Anda Blank hitam maka hasil yang didapat full hitam (tidak ada bintik-bintik putih), jika setelah di blank hitam lalu hasil yang didapat terdapat bintik-bintik putih berarti kualitas drum Anda sudah tidak bagus lagi.

9. Pemanas atau Heater, letaknya ada dibagian unit 1. Fungsi dari pemanas atau heater adalah untuk mengepres hasil fotocopy agar hasil yang didapat tidak luntur. Hati-hati dengan pemanas atau heater ini karena terdapat upper roll dan lower roll yang suhunya sangat panas, jika disentuh dengan tangan maka tangan Anda bisa cedera.

10. Cleaning Blade, letaknya ada dibagian unit drum, fungsi dari cleaning blade adalah untuk membersihkan sisa-sisa toner atau tinta yang menempel di permukaan drum. Jika cleaning blade ini sudah bocor maka hasil fotocopy akan mengalami bergaris hitam yang panjang.

11. Laser, fungsinya adalah untuk memproses gambar yang kemudian diteruskan ke drum untuk pencetakan.

12. Power Supply, komponen ini berfungsi untuk meyuplai tenaga listrik mesin fotocopy.

13. Sponge Roll, bagian ini terdapat pada penarik kertas, fungsinya untuk menarik kertas. Ciri-ciri dari Sponge Roll yang masih bagus adalah permukaannya masih rata, namun yang sudah jelek adalah permukaannya sudah tidak rata serta kadang ada yang sobek.

14. Regist, berfungsi untuk pendaftaran kertas ketika akan masuk ke area drum. Ciri-ciri Regist roll yang masih bagus adalah permukaannya masih rata dan agak kasar.

15. Duplek atau unit 2, berfungsi untuk bolak-balik kertas dan pengurutan kertas. Lokasi duplek ini biasanya ada dibagian bawah pemanas atau unit 1.

16. Sensor Developing, berfungsi untuk mendeteksi adanya tinta atau toner pada developing, jika sensor ini mengalami kerusakan, maka mesin fotocopy akan memunculkan kode error.

17. Claw atau kuku, letaknya ada dibagian unit pemanas, tepatnya diantara lower roll dan upper roll.

18. Termistor, berfungsi untuk mengukur suhu panasnya mesin fotocopy. Lokasi spare part ini di pemanas atau heater. 

19. Hardisk, befungsi untuk menyimpan data atau sistem pada mesin fotocopy, mesin fotocopy sekarang ini sudah terdapat hardisk untuk peyimpanan data.

20. Mainboard, komponen ini berfungsi untuk mengontrol kinerja DC control mesin fotocopy. Harga mainboard ini lumayan mahal jika terjadi kerusakan.

Demikianlah postingan saya pada kesempatan kali ini tentang Memahami Bagian Mesin Fotocopy dan Fungsinya. Semoga setelah Anda membaca postingan di atas, Anda mendapatkan pengetahuan tentang mesin fotocopy. 

Friday, February 27, 2015

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Yang Ujungnya Terlipat

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Yang Ujungnya Terlipat adalah judul postingan yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini. Meskipun mesin fotocopy sudah di atur sedemikian rupa oleh sang produsen, tentu masih ada kekurangannya, istilahnya tidak ada gading yang tak retak. Dalam menjalankan bisnis fotocopy, memang kita dituntut ekstra sabar dan setidaknya bisa memperbaiki sendiri jika terjadi kerusakan-kerusakan yang sederhana, meskipun tidak 100% bisa, syukur-syukur kalo bisa banget. Kenapa saya bilang harus ekstra sabar dan setidaknya bisa memperbaiki sendiri.!! karena menurut saya mesin fotocopy kerap mengalami error, jika tidak sabar maka rasanya ingin gulung tikar saja.

Hasil Fotocopy Ujungnya Terlipat
Kuku Macan Mesin Fotocopy (Claw)

Kembali ke topik bahasan yaitu cara mengatasi hasil fotocopy yang ujung kertasnya terlipat atau nekuk. Masalah seperti memang terdapat beberapa kemungkinan, namun yang paling sering adalah karena kuku (Claw) di bagian pemanas, tepatnya di antara lower roll dan upper rool sudah tidak stabil. Adapun untuk cara mengatasi masalah seperti ini adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan dahulu ujung kertas yang terlipat atau nekuk, jika yang terlipat dibagian ujung kiri berarti yang harus di perbaiki adalah pada bagian kiri, jika yang terlipat dibagian ujung kanan maka yang diperbaiki ya sebelah kanan, intinya seperti itu.

2. Jika Anda sudah yakin dengan bagian kuku (Claw) yang bermasalah maka tinggal bersihkan terlebih dahulu kuku (Claw) menggunakan tangan Anda, biasanya kuku (Claw) ini sudah kotor. Setelah Anda bersihkan maka cobalah test copy, jika hasilnya sudah tidak nekuk, berarti mesin fotocopy Anda sudah normal. 

3. Namun jika setelah Anda bersihkan pada bagian kuku tersebut, namun hasilnya masih saja ujungnya terlipat atau nekuk berarti kuku ini minta di ganti. Adapun ciri-ciri kuku (Claw) yang sudah rusak adalah bagian ujungnya sudah terlalu lancip, karena cirri-ciri kuku (Claw) yang masih bagus adalah ujungnya agak rata. Saya rasa cara mengganti kuku (Claw) dengan yang baru tidak perlu dibahas karena menurut saya cukup mudah, tinggal lepas dan pasang. Anda bisa membeli kuku (Claw) ini pada penjual langganan Anda.

Demikianlah postingan yang bisa saya bagikan tentang kenapa hasil fotocopy ujungnya nekuk atau terlipat ini saya tulis. Sebelumnya saya disini tidak ada maksud untuk menggurui namun hanya sekedar untuk berbagi. semoga bisa bermanfaat.



Bagaimana Cara Jilid Hard Cover Secara Mudah

Bagaimana Cara Jilid Hard Cover Secara Mudah dan Tepat adalah postingan yang saya bagikan pada kesempatan kali ini. Bagi para pengusaha percetakan maupun fotocopy, menjilid buku adalah hal yang harus bisa, karena pasti permintaan jasa ini akan banyak diminati, terlebih pelanggan Anda sudah banyak. 

Menjilid buku macamnya sangat beragam, diantaranya adalah jilid lakban, jilid spiral, jilid soft cover dan jilid hard cover. Namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan bagikan tentang jilid hard cover. Mungkin postingan kali ini bagi para master sudah biasa, namun siapa tahu pagi para pemula seperti saya ini bisa bermanfaat. 



Anda mungkin pernah mengalami ketika akan menjilidkan Hard Cover pada jasa jilid, maka harus menunggu 1 atau 2 minggu untuk benar-benar jadi. Tentu hal menunggu adalah hal yang sangat menjemukan, terlebih jika buku atau skrip atau KTI tersebut cepat-cepat untuk dikumpulkan. 

Sebelum saya membagikan tentang cara menjilid hard cover secara mudah dan bagus, Anda tentunya sudah pada tau kan apa itu jilid hard cover, jilid hard cover adalah menjilid buku dengan memakai cover yang tebal dan disertai lem.

Kalau Anda tidak mau dipusingkan dengan hal ini, maka Anda tinggal mencari karyawan yang sudah mahir, itu cara yang paling sederhana, namun bagi Anda yang ingin sekali mempelajari sendiri bagaimana cara jilid hard cover, maka silakan Anda simak postingan saya pada kali ini. 

Oh iya, tutorial pada kali ini sengaja saya memakai video, karena menurut saya lebih mudah untuk dipahami dari pada membaca tutorial teks yang terkadang malah membingungkan kita sendiri. Video ini saya ambil dari youtube yang menurut saya paling bagus diantara video-video yang lainnya.

Berikut ini adalah video cara jilid hard cover secara mudah:


Nah, bagaimana setelah Anda melihat tutorial video tentang bagaimana caranya menjilid hard cover diatas, mudah dipahami kan? Semoga postingan saya pada kali ini bermanfaat bagi semua yang membutuhkan. 



Thursday, February 26, 2015

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus adalah judul postingan saya pada kali ini. Ketika kita sedang enak-enaknya mengoperasikan mesin fotocopy, eh tiba-tiba kertas macet (paper jam) tentu ini membuat pekerjaan kita menjadi tersendat-sendat dan tentunya ini hal yang menjengkelkan. Sebenarnya ada banyak kemungkinan jika hal seperti ini terjadi, namun bagaimanapun juga mesin fotocopy masih bisa diperbaiki, karena pada dasarnya mesin macet atau kertas macet dikarenakan spare partnya ada yang tidak stabil.

Jika mesin fotocopy Anda sedang mengalami kemacetan, maka pada layar LCD terdapat adanya tanda dimana kertas tersebut nyangkut. Jika mesin fotocopy Anda hanya mengalami macet satu kali dua kali, maka ini hal yang wajar-wajar saja, tapi lain halnya jika mesin Anda mengalami kemacetan berkali-kali. Untuk itu sebelum Anda mengambil tindakan, maka sebaiknya pahami dahulu mesin fotocopy Anda macet di sebelah mana (lihat tanda/kode di layar LCD). Adapun macam-macam kemacetan mesin fotocopy atau kertas yang macet adalah sebagai berikut.

1.Macet pada bagian kaset fotocopy atau bagian samping fotocopy (kertas tidak mau narik ke atas) berarti ini tandanya terdapat 2 kemungkinan yakni spong dan pic up sudah tidak stabil, ciri-ciri spong yang sudah rusak itu permukaannya sudah tidak rata sedangkan ciri-ciri pic up yang sudah rusak itu bagian atasnya sudah tidak kasar lagi. Untuk itu silakan Anda teliti kedua spare part tersebut, mana yang sudah rusak, jika keduanya telah rusak maka gantilah keduanya dengan yang baru. lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus


2.Macet pada bagian pemanas fotocopy, permasalahan seperti ini terdapat beberapa kemungkinan yakni:

~ Karena upper telah pecah, ciri-ciri upper telah pecah adalah biasanya terdengan suara krek, krek, krek. dan kertas sering macet pada area tersebut.

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus
Upper
~ Lower telah terkelupas, ciri-ciri lower terkelupas adalah pada kertas hasil fotocopy biasanya keriput. 

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus
Lower
~ Web telah habis, jika web telah habis memang membuat pemanas tidak stabil, karena web ini fungsinya untuk melumasi upper dan lower agar senantiasa dalam performa terbaik, jika web ini telah habis maka membuat upper dan lower cepat rusak.

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus
Web
~ Korona bawah sudah kotor, jika korona bagian bawah sudah kotor maka menyebabkan kertas tidak stabil ketika berjalan diatas korona tersebut, maka yang terjadi adalah kertas goyang-goyang.


Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus
Korona

~ Kuku macan sudah terlalu lancip, karena pada dasarnya kuku macan yang bentuknya masih ideal adalah tidak terlalu lancip. jika kuku macan ini sudah lancip maka membuat kertas nyangkut pada bagian pemanas.

Kuku Macan
~ Motor gear telah rusak, ini adalah bagian yang menurut saya mudah rusak, karena dibagian ini terdapat ger-ger plastik, biasanya ger-ger tersebut mudah rampal.

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus
Motor Ger
Demikianlah postingan tentang Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Yang Macet Terus-menerus ini saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu.


Wednesday, February 25, 2015

Penyebab Kenapa Mesin Fotocopy Mati Total

Penyebab-penyebab mesin fotocopy yang mati total adalah postingan yang saya bagikan pada kesempatan kali ini. Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya mesin fotocopy memang tergolong mesin yang sangat beragam spare partnya, mulai dari yang biasa hingga yang yang rumit. 

Mesin fotocopy memang terdapat kabel-kabel elektro yang cukup banyak, maka bukan hal tidak mungkin jika mesin fotocopy kadang mengalami gangguan, salah satunya adalah mesin fotocopy tidak mau menyala sama sekali atau mati total. Nah untuk itu saya akan bagikan mengenai mesin fotocopy yang tidak mau nyala sama sekali. 

Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Mati Total
Penyebab Kenapa Mesin Fotocopy Mati Total

Penyebab mesin fotocopy yang mengalami mati total memang terdapat beberapa kemungkinan, bisa karena telah rusaknya Power Supply, DC Control, Switch On/Off dan bisa juga dikarenakan konsleting pada bagian kabel body mesin, terkadang juga pada komponen elektronik yang lainnya seperti main motor dan motor control. Untuk mengetahui masalah mesin fotocopy mati total bisa Anda coba sebagai berikut.

1. Pastikan power mesin sudah terpasang pada stop kontak listrik 220V AC, switch On/Off di posisi ON dan pintu Cover depan dalam keadaan tertutup, untuk mesin 110V pastikan trafo sudah terpasang dengan benar dan keluaran tegangan 110V AC sudah ada.

2. Periksa tegangan input pada power supllay menggunakan multi meter di sekala Voltase AC 250V. Apabila tegangan inputnya tidak terdapat tegangan dengan voltase 2200 VAC atau 110VAC (untuk mesin 110) maka dapat di pastikan kerusakan terdapat pada switch On/Off.

3.Yang terakhir mungkin kabel-kabel elektronya telah dimakan tikus, tentu ini sangat disayangkan jika kabel-kabelnya dimakan tikus, untuk itu silakan baca tentang mengatasi hama tikus pada mesin fotocopy. 

Jika mesin fotocopy Anda masih belum juga menyala, lebih baik panggil teknisi langganan Anda, karena mesin fotocopy jika mengalami mati total memang membutuhkan pengecekan secara menyeluruh. Demikianlah postingan saya pada kali ini tentang cara mengatasi mesin fotocopy yang mati total. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat.


Tuesday, February 24, 2015

Cara Mencegah Agar Tikus Tidak Masuk Mesin Fotocopy

Cara Mencegah Agar Tikus Tidak Masuk Mesin Fotocopy adalah judul dari postingan saya pada kali ini. Tikus memang binatang yang paling merusak, padahal kita tidak memeliharanya, namun tetap saja dirumah-rumah banyak dihuni binatang yang satu ini. Nah ngomong-ngomong masalah tikus, binatang yang satu ini sangat berbahaya dengan barang-barang elektronik, karena bisa menyebabkan kerusakan pada barang-barang elektronik tersebut, salah satunya adalah mesin fotocopy.

Bagi Anda selaku pengusaha mesin fotocopy, baik dalam bidang jasa fotocopy maupun grosir fotocopy, maka Anda dituntut ekstra waspada terhadap binatang yang satu ini, karena jika kabel-kabel atau onderdil-onderdil mesin fotocopy Anda di gerogoti, maka bukan tidak mungkin mesin fotocopy Anda menjadi barang bekas atau barang kanibalan, tentu ini sangat disayangkan, mengingat harga mesin fotocopy yang tidaklah murah. Sudah banyak mesin-mesin fotocopy yang menjadi korban terhadap hama tikus ini.

Mencegah Tikus Tidak Masuk Mesin Fotocopy
Kapur Barus

Selain memakan kabel mesin fotocopy, ternyata air kencing tikus sangatlah berbahaya bagi cat dan besi mesin fotocopy karena kencing tikus ini mengandung zat asam dengan ph mendekati 2. Nah untuk itu berikut ini adalah tips-tips sederhana agar tikus tidak masuk atau tidak mau gerogoti mesin fotocopy Anda.

1.Sebarlah kapur barus ke dalam mesin fotocopy Anda, usahakan yang rata dan banyak, mulai dari bawah sampai keatas. Cara ini memang tergolong ampuh, karena sudah banyak yang mempratekkannya dan aman.

2.Pasanglah jebakan tikus disebelah mesin fotocopy Anda ketika malam hari atau Anda juga boleh pakai racun tikus, namun kalau mati dan kita tidak tau lokasinya, maka membuat bau yang tidak sedap. Jadi terserah Anda saja.

3.Tutup bagian mesin fotocopy yang sekiranya tikus bisa masuk, Anda bisa menutup lubang-lubang tersebut memakai lak ban.

Semoga setelah Anda melakukan tips-tips sederhana seperti atas, maka tikus-tikus dirumah Anda pada jauh dan semoga mesin fotocopy aman sentosa terhadap serangan hama yang paling menyebalkan ini. Semoga postingan saya tentang mengatasi tikus yang sering masuk mesin fotocopy ini bermanfaat.


Monday, February 23, 2015

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Buram atau Terlalu Gelap

Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Buram atau Terlalu Gelap adalah judul postingan saya pada kali ini. Bisnis fotocopy makin kesini memang makin rame, jadi kita jangan heran jika di area sekolah, kampus, jalanan rame, pasar dan kantor-kantor terdapat toko fotocopy yang jumlahnya lebih dari 1, karena bisnis fotocopy ini memang cukup menguntungkan. Apalagi Anda bisa memperbaiki mesin fotocopy Anda jika mengalami kerusakan atau error.


Hasil Fotocopy Buram
Sumber gambar: mesinfotocopy.biz

Kembali ke topik bahasan yaitu tentang cara mengatasi hasil cetak fotocopy buram atau terlalu hitam, oh iya sebagian orang mengatakan hasil ini dengan istilah hasil background. Memang sudah tidak dipungkiri lagi jika hasil cetak fotocopy buram atau terlalu hitam, maka membuat kita frustasi, terlebih kita dituntut ekstra cepat dalam menggandakan berkas-berkas tersebut. Sebenarnya ada banyak kemungkinan jika hasil fotocopy buram atau terlalu gelap,  namun disini saya akan mencoba memberikan informasi yang sebagus mungkin. Untuk itu berikut ini adalah penyebab-penyebab hasil fotocopy buram atau terlalu hitam.

1.Periksa korona mesin Anda yang ada dibagian unit drum, coba Anda cek apakah korona tersebut memang telah kotor, jika iya maka bersihkan dahulu menggunakan SAN-POLY dan kain bersih. Jika sudah bersih coba kembalikan lagi dan cobalah test copy apakah hasilnya sudah bersih dan bagus. Jika hasilnya sudah bagus berarti saya ucapkan selamat Anda sudah bisa menjadi teknisi amatir untuk mesin fotocopy Anda.

2. Namun jika hasil fotocopy masih saja buram atau terlalu hitam berarti kawat pada korona tersebut kurang ke atas atau kurang jauh dengan area drum. Adapun untuk cara setting agar kawat korona agak ke atas atau kurang jauh dengan area drum adalah dengan cara mengarahkan baut plastik yang saya tunjukkan pada panah warna merah (lihat pada gambar di bawah), untuk mengarahkan seperti arah jam, putarlah kira-kira satu putaran. Jika sudah maka kembalikan lagi koronanya dan silakan test copy. Saya rasa dengan cara ini Anda akan berhasil karena ini menurut pengalaman saya sendiri. 

Hasil FotocopyTerlalu Gelap
yang saya beri panah warna kuning adalah letak benang korona

Semoga setelah Anda melakukan cara diatas, maka permasalahan Anda telah terselesaikan, demikianlah postingan saya tentang kenapa hasil fotocopy buram atau terlalu hitam. Semoga bermanfaat.



Cara Mudah Mengatasi Hasil Fotocopy Bergeser

Cara Mudah Mengatasi Hasil Fotocopy Bergeser adalah postingan yang akan saya bagikan pada kali ini. Memang sudah tidak dipungkiri lagi jika mesin fotocopy sering mengalami kerusakan atau tidak stabil, maka dari itu Anda dituntut untuk menjadi teknisi amatir bagi usaha Anda sendiri, agar Anda tidak terus-terusan memanggil teknisi langganan Anda. Tentu jika Anda bisa memperbaiki mesin sendiri menjadi nilai lebih, karena bisa meminimalisir pengeluaran Anda.

Hasil fotocopy bergeser memang membuat kita frustasi dalam mengoperasikan mesin fotocopy kita, terlebih bagi yang baru didunia fotocopy center. Sebenarnya hasil fotocopy bergeser itu terdapat beberapa kemungkinan, bisa karena spare partnya yang kurang tepat dan bisa juga karena programnya yang tidak sesuai. Nah untuk itu berikut ini yang menyebabkan hasil fotocopy yang bergeser atau kurang pas.

1. Yang pertama kali Anda lakukan yaitu coba cek regist rollnya (letaknya di bagian bawah developer unit). Kalau karetnya registnya sudah rusak, maka mau tidak mau harus diganti yang baru. Karet Rol regist ini sangat berpengaruh sekali pada saat start kertas ke area drum untuk dicopy. Biasanya kalau karetnya rusak, maka kertas terlambat jalan sehingga se olah-olah hasil fotocopy bergeser. 

Yang Saya Beri Tanda Merah ini Adalah Karet Roll Regist

Perbedaan antara Karet Roll Regist yang masih bagus dan yang rusak adalah sebagai berikut:

  • Kalau yang masih bagus maka Karet Roll Regist ini terasa agak kasar dan diameternya masih utuh  
  • Kalau yang rusak atau sudah tidak stabil ini ciri-cirinya karet tersebut terasa licin, dan pecah-pecah serta diameternya sudah mulai mengecil


Kalau setelah Anda cek namun Karet roll regist ini masih dalam keadaan baik, namun hasil masih saja bergeser, maka coba dengan cara nomor 2 dibawah ini.

2. Hasil fotocopy yang bergeser juga bisa disebabkan karena tempat kertas yang kurang pas, jadi Anda perlu mengatur agar sesuai, karena jika tempat kertas ini tidak pas, maka ketika kertas mulai jalan ke atas, otomatis kertas ini juga ikut bergeser, untuk mengaturnya Anda bisa utak-atik bautnya dengan obeng,  Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Fotocopy Bergeser
sumber gambar: easyfotocopy.wordpress.com


3. Jika setelah Anda melakukan cara nomor 1 dan 2 namun masih saja hasil fotocopy Anda bergeser atau miring, maka cobalah cara berikut ini;

  • Mungkin juga disebabkan karena marginnya, untuk itu silakan Anda tekan *28* (Ketika menekan angka 2 dan 8 harus bersamaan) 
  • Kemudian tekan Adjust, lalu kurangi atau tambah LE Blank dan TE Blank
  • Test copy dan coba terus coba sampai benar-benar pas.


Semoga postingan saya tentang Cara Mudah Mengatasi Hasil Fotocopy Bergeser atau miring ini bermanfaat. 




Thursday, February 19, 2015

Kenapa Mesin Fotocopy Canon Muncul Kode Error E 0824?

Kenapa Mesin Fotocopy Canon Keluar Kode Error E 0824? adalah judul postingan saya pada kesempatan kali ini. Jika mesin fotocopy sedang mengalami gangguan, maka sebagian besar mesin tersebut muncul kode error pada lcd mesin fotocopy Anda, namun terkadang juga tidak mengeluarkan kode, tergantung kerusakannya. Jika spare part yang mengalami kerusakan tersebut terdapat sensor, maka otomatis ini akan memunculkan kode kerusakan pada lcd mesin fotocopy Anda. 

Seiring dengan perkembangan zaman, mesin fotocopy saat ini sudah pada bagus-bagus, terkadang saya juga bingung untuk memilih. Jika dulu mesin fotocopy hanya berguna untuk fotocopy saja, tapi sekarang sangat banyak manfaatnya, seperti dijadikan Print, Scan dan lain-lain. Nah, bagi Anda yang ingin sekali untuk menghubungkan mesin fotocopy Canon dengan computer maka jangan sungkan-sungkan untuk bertanya pada saya, Anda bisa menghubungi saya lewat 085648665176. Tentu jika mesin fotocopy bisa di hubungkan dengan computer maka akan menjadikan ladang uang bagi kita.

Muncul Kode Error E 0824
Letak kipas dibawah panel fotocopy


Kembali ke topik bahasan yaitu tentang kenapa mesin fotocopy canon muncul kode error E 0824, masalah ini disebabkan karena kipas di bagian depan yang letaknya dibawah panel tidak berfungsi, lalu bagaimana cara memperbaikinya agar normal seperti semula? maka lakukan seperti berikut ini.

1.Mungkin Anda lupa mengembalikan kabel soket yang terdapat pada kipas tersebut, jika iya maka tancapkan kembali kabel soket tersebut.

2.Amati apakah baling-baling kipas tersebut pecah atau tidak mau berputar, jika baling-baling ini pecah maka otomatis minta diganti yang baru, yang jelas usakan baling-baling kipas tersebut mau berputar.

3.Bersihkan kipas tersebut jika terdapat debu-debu yang menempel, kalau bisa bersihkan menggunakan blower agar bersihnya maksimal.

4.Jika kabel soket sudah benar-benar nancap dan kipas tersebut sudah bersih, tapi masih saja muncul kode error E 0824, berarti lebih baik panggil teknisi langganan Anda, dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5.Jika Anda sudah memanggil teknisi langganan Anda, namun teknisi Anda menganjurkan untuk mengganti kipas tersebut, maka apa boleh buat. Berarti memang kipas Anda tersebut sudah rusak parah.

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai cara mengatasi mesin fotocopy canon muncul kode error E 0824. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi semua. Terima kasih sudah mampir di blog tentang fotocopy ini.

Monday, February 16, 2015

Inilah Mesin Fotocopy Canon Paling Terpopuler di Indonesia

Inilah Mesin Fotocopy iR Canon Paling Laris di Indonesia

Inilah Mesin FotocopyCanon Paling Populer di Indonesia adalah judul dari postingan saya kali ini. Semenjak hadirnya mesin fotocopy canon berlabel IR (Image Runner) maka mesin mesin fotocopy Canon yang berlabel NP, sedikit demi sedikit sudah hampir langka, ini disebabkan karena spesifikasi dan fitur mesin NP sudah ketinggalan jauh dengan mesin IR. Mesin fotocopy IR memang sangat membantu bagi para pengusaha jasa fotocopy maupun orang kantoran, karena selain kegunaan utamanya adalah untuk fotocopy, namun mesin IR juga bisa digunakan untuk mencetak atau print data dari komputer ke fotocopy, selain itu juga bisa difungsikan untuk Scan dan masih banyak lagi.

Mesin Fotocopy Canon Paling Laris di Indonesia
Mesin Fotocopy Canon Paling Terpopuler di Indonesia


Mesin fotocopy IR juga diklaim lebih irit daya listrik dari pada mesin fotocopy NP, karena lampu exposure cukup 1 kali jalan jika Anda menggandakan lebih dari 1, tidak seperti mesin NP yang harus berjalan sesuai dengan jumlah penggandaannya. Inilah mengapa mesin IR sangat banyak diminati oleh para pebisnis fotocopy. Nah, untuk itu berikut adalah beberapa mesin fotocopy canon yang paling popular atau paling laris di Indonesia.

Berikut ini Mesin Fotocopy Canon Paling Laku di Indonesia :

Canon IR 5000

Mesin Fotocopy Canon IR 5000
Mesin Fotocopy Canon IR 5000
Mesin fotocopy IR 5000 adalah salah satu mesin yang paling popular di Indonesia kehadirannya cukup membuat para pebisnis fotocopy bisa lebih ringan dalam hal mengoperasikan fotocopy, karena terdapat spesifikasi atau fitur Collate yang dimana fungsinya adalah untuk menata hasil cetakan fotocopy dengan jumlah banyak, tidak seperti mesin fotocopy jadul seperti 6600 yang dimana cuma cukup 20 saja. Selain itu mesin IR 5000 juga terdapat fitur Scan dan Koneksi ke komputer, memungkinkan Anda mencetak data lewat komputer. Mesin IR 5000 ini juga telah dilengkapi dengan fitur Mail box, yang mana memungkinkan Anda menyimpan data.



Canon IR 6000

Mesin Fotocopy Canon IR 6000
Mesin Fotocopy Canon IR 6000
Jika saya disuruh membedakan antara mesin IR 5000 dan 6000, mungkin perbedaannya ada pada kecepatan saja. Dalam hal fitur dan spesifikasi dari kedua mesin masih sama saja. Mesin IR 5000 dan IR 6000 menurut pengalaman saya memang kedua mesin ini sangat bandel, jarang sekali mengalami kerusakan atau error. Mungkin kelemahan dari kedua mesin tersebut adalah suhunya mudah panas.

Canon IR 6570

Mesin Fotocopy Canon IR 6570
Mesin Fotocopy Canon IR 6570
Mesin fotocopy IR 6570 juga salah satu mesin paling laris di Indonesia, layar LCD mesin ini sudah memakai layar warna, tidak seperti mesin IR 5000 dan IR 6000 yang masih memakai layar LCD Monochrome atau hitam putih. Mesin IR 6570 ini harganya cukup terjangkau, mungkin inilah sebabnya banyak para pebisnis fotocopy yang memilih mesin ini untuk usahanya. Selain itu kecepatan mesin ini juga melebihi dari pada mesin IR 5000 dan 6000. Fitur dan Spesifikasi mesin ini juga lebih lengkap dari pada mesin IR 5000 dan 6000.

Sementara itu pemanasan atau Warm up mesin ini sangat cepat di banding mesin IR 5000 dan 6000, Namun menurut pengalaman saya performa mesin ini masih kurang kuat dari pada mesin IR 5000 dan IR 6000. Mesin ini sering mengalamai error E 001 dan toner mesin fotocopy juga sering tidak mau turun jika Anda telat untuk mengisi toner. Yah itulah kehidupan, setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan.


Canon IR 105

Mesin Fotocopy Canon IR 105
Mesin Fotocopy Canon IR 105
Mesin IR 105 juga termasuk salah satu mesin yang paling banyak dimiliki orang Indonesia, walaupun jumlahnya tidak sebanyak IR 5000, 6000 dan 6570. Kecepatan mesin ini sungguh sangat fantastis, melebihi dari ketiga mesin diatas. Mesin ini biasanya dipilih karena usaha fotocopynya sangat rame, karena butuh kecepatan. Letak Layar LCD mesin fotocopy 105 ini tidak seperti mesin-mesin fotocopy pada umumnya, yaitu letaknya ada di bagian atas mesin fotocopy. Kalau masalah fitur dan spesifikasinya tidak ada perbedaan yang signifikan, mungkin hanya pada kecepatan saja.



Itulah beberapa mesin fotocopy IR (image runner) yang paling popular atau laris di Indonesia. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi semuanya. Jika ada kata-kata yang sekiranya kurang berkenan dihati Anda, saya minta maaf karena saya hanya berniat berbagi ke sesama. Terima kasih

Sunday, February 15, 2015

1 Kg Toner Fotocopy Bisa Menghabiskan Kertas Berapa?

Toner atau Tinta Fotocopy 1 Kg Itu Bisa Menghabiskan Kertas Berapa Sih?

1 Kg Toner Fotocopy Bisa Menghabiskan Kertas Berapa? adalah judul dari postingan saya kali ini. Memang sangat banyak sekali para pemilik mesin fotocopy yang masih belum tau tentang 1 Kg Toner atau tinta fotocopy bisa menghabiskan berapa lembar kertas..! Terkadang hasil fotocopy yang didapat juga tidak serta merta sama, tergantung jenis toner masing-masing dan master yang dicopy. namun perbedaan hasilnya juga tidak terlalu signifikan.

Memakai Toner baru memang sangat direkomendasikan oleh para penjual atau distributor mesin fotocopy, karena tidak membuat mesin fotocopy Anda kotor dan keawetan Drum Anda akan tetap terjaga. Tapi jika Anda memakai Toner bekas atau tinta KW, maka ini menyebabkan Drum mesin fotocopy Anda akan terjadi bintik-bintik, tentu ini juga berdampak jelek pada hasil fotocopy Anda, karena sudah dipastikan hasil fotocopy Anda juga akan bintik-bintik, selain itu juga menyebabkan spare part seperti korona dan lain-lain menjadi kotor. Yang jelas kalau Anda pakai tinta bekas atau KW bukan tambah untung malah tambah rugi.

1 Kg Toner Fotocopy
1 Kg Toner Fotocopy Bisa Menghabiskan Kertas Berapa?

Kembali ke topik bahasan yaitu 1 Kg Toner Fotocopy Bisa Menghabiskan Berapa Lembar Kertas? jawabannya adalah 20.000 lembar kertas, namun kita dalam mengoperasikan mesin fotocopy kan kadang ada tulisan atau gambar yang ngeblok hitam dan ada juga yang biasa-biasa saja, tapi yang jelas angka tersebutlah patokan dari 1 Kg Toner fotocopy. 

Saya juga pernah terima job fotocopy buku buat sekolahan di daerah Jombang, Jawa Timur. Saat itu job yang saya terima setelah saya total ternyata menghabiskan kertas 80 plano, dengan ukuran kertas A4 dan itupun bolak-balik. Nah saat itu saya mencoba menghitung untuk 1 Kg Toner bisa menghabiskan kertas berapa lembar, ternyata hanya bisa menghabiskan 15.000 copy (sudah termasuk bolak-balik) terus saya berpikir, “kok nggak bisa sampai 20.000 ya, padahal kan ukuran kertasnya A4, yang lebih pendek dari pada F4” ternyata setelah saya teliti memang sangat banyak tulisan atau gambar yang ngeblok hitam. 

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai, bisa menghabiskan berapa lembar kertas untuk 1 Kg Tinta atau Toner?. Semoga artikel saya ini bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda. Tolong bagikan artikel ini ke teman-teman Anda. Terima kasih.

Friday, February 13, 2015

Kode Error Mesin Fotocopy Konica Minolta (Lengkap)

Inilah Kode Error Mesin Fotocopy Konica Minolta

Kode Error Mesin Fotocopy Konica Minolta (Lengkap) adalah judul dari postingan saya kali ini. Meskipun mesin fotocopy canon berhasil merebut pasar di Indonesia, namun tidak sedikit pula orang Indonesia yang mempunyai mesin Konica Minolta. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari info mengenai kode error untuk mesin fotocopy Konica Minolta, maka Anda sudah berada pada halaman blog/website yang tepat. Blog ini sengaja saya buat khusus untuk tutorial-tutorial dan tips-tips mesin fotocopy, baik dalam hal mengoperasikan maupun service. 

Mesin Fotocopy Konica Minolta
Kode Error Mesin Fotocopy Konica Minolta Terbaru

Berikut ini adalah kode error untuk mesin fotocopy Konica Minolta:

C0000 = Main bermotor bermasalah
C0010 = M1 bermotor tidak berjalan
C0040 = Kipas penyedot
C0042 = Kipas Fuser
C0044 = Kipas EDH
C0045 = Masalah pada kipas pendingin, pada kipas pembaca gambar
C0046 = Kipas PH
C0047 = Kipas PH
C004E = Power supply bermasalah pada kipas pendingin
C004F = Power supply
C0049 = Laser pendingin kipas bermasalah
C0070 = Motor toner bermasalah
C0072 = Motor hopper bermasalah
C0200 = Masalah tegangan tinggi
C0210 = masalah pada transfer tegangan rol
C0214 = masalah tegangan Transfer foto
C03FF = Adjust Mode 11 melakukan kesalahan
C0400 = masalah lampu Exposure
C0420 = masalah lampu Exposure
C0500 = Fuser masalah, Warm-up lengkap
C0510 = Suhu fuser rendah
C0520 = suhu fuser Tinggi
C0602 = masalah kabel scan/Pindai
C0605 = scan bermasalah
C0650 = motor sensor scan bermasalah
C0651 = scan bermasalah
C0B00 = motor finisher bermasalah
C0B20 = masalah pada stapler
C0B0F = motor pengalihan kertas bermasalah
C0B30 CD = motor tidak seimbang
C0B38 = Pergeseran motor
C0B4D = pegangan try kertas bermasalah
C0B4E = tray finisher bermasalah
C0B50 = masalah pada motor stapler 1
C0B54 = masalah pada motor stapler 2
C0D50 = masalah pada duplek
C0E00 = masalah pada lampu erase
C0F24 = AIDC bermasalah pada sensor
C0F32 = ATDC bermasalah pada sensor
C0F33 = sensor ATDC tidak sesuai
C0900 3 rd = drawer masalah
C0904 3 rd = drawer motor
C0910 2 nd = drawer masalah
C0910 2 nd = drawer motor
C0920 1 st = drawer masalah
C0924 1 st = drawer motor
C0950 4 th = drawer masalah
C0954 4 th = drawer motor
C0996 kunci baki bermasalah
C0997 Masalah pada pintu atas
Masalah C0998 Pergeseran kembali
C0999 Angkat 2 bermotor up masalah
C099C Pergeseran masalah motorik
C09C0 LCT lift up / down masalah
Masalah C099 D Komunikasi
C10xx, C1xx, C1xx Memory bermasalah
C1038 masalah pada koneksi mesin (PWB-A ke PWB-C)
Masalah memori C1200 Sistem
C12CX hard drive bermasalah
C1300 Laser Motor
C1326 Masalah ARMS antarmuka
C1330 VD sinyal rendah
C13C0 kesalahan pada catridge ketika menginstal
C13D0 Bad EEPROM
C13F0 SOS laser sensor
Masalah C133B Komunikasi dengan controller board
Masalah C1334 Duplex
C13F1 600 sensor dpi
Kesalahan C13F9 EPROM
C13FA LD2 di luar jangkauan
Masalah C13FC APC
C1401 IR batas waktu biasanya
C1402 IR vektor interupsi ilegal
C1410 IR pengawas
C1428 Transmisi penyangga penuh
C1429 Transmisi kesalahan keras
E1430 Masalah  Gain
C1441 Masalah CCD
C1450 Urutan batas waktu
C1461 kesalahan GA1 Serial
C1462 kesalahan ga2 Serial
C143E Kesalahan EDH 
C14A3 Masalah lampu Exposure
C1468 Masalah EEPROM
C1470 CCM ke EVM kesalahan komunikasi
C1471 EVM untuk meter persegi kesalahan komunikasi
C14A3 Masalah lampu Exposure 
E46-23, -24 Gambar panel kontrol
E46-25 A / D konversi papan atau lampu eksposur
E46-27, -29, -30, -31, -32, -33, -34
Gambar panel kontrol atau program kontrol gambar
E46-60 Masalah Laser
Dokumen E46-61 kontrol papan pengumpan 
E46-62 Kertas tidak pas
E46-63 Lampu Exposure
E46-64 kontrol panel toner 
E46-80, -81, -82, -83 kontrol panel gambar
E50-01, -02, -03, -04, -05 kontrol panel print
E70-1, -2 panel control finisher
E90-01, -02 duplex drive
F10-1, -2, -9 kesalahan Komunikasi antara papan printer dan mesin fotokopi
F18-1 pengangkat kertas bermasalah
F18-2 pengangkat kertas terlalu rendah
F18-10, -11, -12, -13, -20, -21, -22, -23 dorongan pemasok kertas, DC papan drive, panel kontrol printer
F18-30, -31, -32, -33 bermasalah ketika mengangkat kaset, DC papan drive, papan Printer
F18-40, -41, -42, -43 LCT pakan kertas Unit masalah
F18-51, -52, -53 Bypass masalah atas / bawah 
F21-01, -02, -03 masalah pada pembersih corona
F21-04, -05, -06 kesalahan pada transfer pembersih korona
F22-1 Suhu Drum terlalu tinggi
F22-2 masalah konektor PCL
F23-1 masalah konektor PCL
F23-01 Toner masalah motorik
F23-03, -04, -05, -06, -07, -08, -09 masalah pada blade
F23-10 masalah Drum (Drum bermotor atau drive)
F23-11 bermasalah ketika toner mengisi
F24-01, -02, -04 masalah pada suhu Drum
F26-1, -2, -3 bermasalah pada auto toner
F28-1 masalah pada corona
F28-01 1 tegangan unit terlalu tinggi
Transfer F28-2 masalah corona
F28-02, -03, -04 tegangan tinggi unit 2
F28-3 masalah Separator corona
F28-4 Masalah Pengembang di Patch
F29-01, -02, -03, -04, -05, -06, -07, -08 control Toner papan sensor
F29-12, -13, -14, -15 Tinggi satuan tegangan 1 atau 2
F32-01, -02, -03, -04, -05, -06, 07 bermasalah pada motor kipas, papan AC
F33-02 = kertas Duplex terbalik
F33-03 = Duplex transfer
F33-04 = Duplex keluar
F33-05 = Duplex web berjalan
F33-06 = Duplex web berjalan
F34-1 = suhu fuser tinggi atau termistor buruk
F34-2 = suhu fuser Tinggi
F35-1 THRU F-35-6 = suhu fuser rendah atau thermistor terbuka
F35-7, -8 = suhu fuser rendah
F35-9, -10 Fuser termistor
F36-1 = suhu fuser tinggi di TH1
F36-2 = suhu fuser tinggi di TH2
F36-3 = Terbuka TH1
F36-4 = Terbuka TH2
F37-1 = fuser berganti membersihkan web
F40-1, -9 kesalahan pada optic komunikasi
F41-1, -02, -03, -04, -05, -06, -07, -08, -09 scan bermasalah saat pengembalian
F41-10, -11 Laser poligon bermotor
F42-01, -02, -03 papan scan berjalan atau memindai kipas pendingin
F42-04, -05, -06, -07 DC papan drive atau penyuplai Laser pendingin
F43-1 lampu Exposure bermasalah
F46-1 masalah pada motor laser
F46-8 Kesalahan indeks Laser
F49-2 Laser konektor board error
F49-6 ADB (A / D papan konversi) kesalahan sambungan
F51-4 Masalah kecepatan pengembang
F51-5 bermasah pada motor utama
F52-1 masalah pada optic kipas
F52-2 masalah pada kipas fuser
F52-01, -02 AC  masalah pada kipas 3 atau kipas 4
F52-3  DC kipas power supply
CPU F52-6 masalah pada kipas
F52-10 AC papan penggerak fan 3 atau fan 4
F53-04, -05 AC counter terkunci
F53-06, -07, -08 papan Printer
F53-09 tegangan input tidak normal
F53-10, -11, -12 papan Printer, solenoid, motor
F56-1 THRU -11 masalah komunikasi, panel kontrol
F56-11, -12, -13 O1, kesalahan komunikasi O2, O3
F60-1 RADF panel kontrol atau papan kontrol utama
F60-11 R ADF panel kontrol
F67-3 RADF panel kontrol atau papan kontrol utama
Masalah F70-1 Komunikasi antara mesin dan finisher, papan kontrol utama atau papan finisher
Kesalahan F70-9 Finisher disebabkan oleh kesalahan SRGA
F70-11 Finisher papan
F77-2 Finisher papan, atas / bawah bermotor atau atas / bawah mendeteksi masalah sensor
F77-3 Finisher tidak seimbang
F77-4 Finisher atas / bawah bermasalah
F77-5 Finisher papan atau tekanan motor
Masalah F77-6 Stapler atau papan finisher
F77-11 Stapler bermotor
F77-16 kesalahan finisher pada bagian belakang
F77-17 motor stapler atau papan finisher
F77-18 Finisher bermasalah pada kipas
F80-1 THRU -5 PRMB (Parameter Memory board)
F80-10, -11, -12, -13 C1, C2, C3 program (Komunikasi)
F80-21 Video I / program F
Kabel Printer F80-31 atau file program
Kabel Printer F80-32, transfer Program
F81-1, -2, -3 papan Kontrol
F87-1, -2, -3 Printer kontroler
F88-1 Controller papan
F89-1 THRU -6 Controller papan
F93-01 Duplex berdiri 
F93-02 Duplex angkut
F93-03, -04 Duplex membalikkan bermotor
F93-05, -06 solenoid Duplex atau motor
J16 Jam di DB
J20-2 Duplex pintu terbuka
J20-3 Finisher terbuka
J20-4 sinyal berhenti darurat dari mesin fotokopi
J20-5, -6 Finisher terbuka
J50-1 Kegagalan permintaan Cetak 
J50-2 kegagalan sinyal
J50-3 Duplex tidak berjalan normal
J63-0 THRU J63-5 RADF intern
J72-16 = macet pada Finisher
oA = Dokumen panduan pengumpan salah masuk terbuka
Ol = Clamshell terbuka
Ou = pemasok dokumen terbuka

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan, semoga postingan saya tentang Kode Error Mesin Fotocopy Konica Minolta (Lengkap) ini bisa bermanfaat dan mohon maaf jika ada tulisan maupun kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mengatasi Error E 2557 Fotocopy Bizhub 250/350

Wednesday, February 11, 2015

Cara Mengatasi Error E 2557 Fotocopy Bizhub 250/350

Mari Mengatasi Error E 2557 Fotocopy Bizhub 250/350


Cara Mengatasi Error E 2557 Fotocopy Bizhub 250/350 adalah judul dari postingan saya kali ini. Apa kabarnya kawan? semoga pada baik ya. Jika mesin fotocopy kita sedang mengalami error pasti kita merasa sangat sebal, karena ini mengakibatkan pekerjaan kita jadi terkendala, lebih parahnya lagi jika Anda sedang melayani pelanggan yang akan mau fotocopy.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mencari informasi mengenai mesin fotocopy bizhub tipe 250/350 yang mengalami error E 2557, maka Anda sudah tepat berada di blog tentang fotocopy ini. Penyebab yang paling utama jika mesin fotocopy bizhub Anda mengeluarkan kode error E 2557 adalah dikarenakan tinta dan developer tidak stabil, juga bisa disebabkan karena toner atau tinta yang sangat berlebihan dan juga bisa dikarenakan ketika muncul peringatan bahwa tinta sudah mulai habis, namun Anda masih tetap menjalankannya.

Kode Error E 2557 Fotocopy Bizhub 250/350
Gambar Mesin Fotocopy Bizhub 250/350


Okelah langsung saja kita ke TKP. Berikut ini adalah cara mengatasi error E 2557 Mesin fotocopy Konica Minolta Bizhub tipe 250 / 350


  1. Pilih PROGRAM ( letaknya terdapat disebelah kanan bawah touchscreen )
  2. Pilih CHECK DETAIL ( letaknya terdapat pada kolom bawah touchscreen )
  3. Tekan tombol Stop pada bagian kanan diatas tombol Start
  4. Setelah itu silakan Anda tekan 00
  5. Kemudian Anda tekan tombol Stop lagi
  6. Jika sudah maka tekan 01
  7. Masukkan password dengan angka berikut 00000000
  8. Tekan tanda LEVEL HISTORY ( lihat dahulu perbandingan antara ATDC SET dan ATDC LEVEL /intinya itu posisi ATDC level minimal harus pada nilai 4.5% dan maksimalnya adalah 5.5 % jika nilainya kurang dari 4,5% maka akan sering menimbulkan keluar code error tetapi jika nilainya berlebihan sampai 6,5% keatas maka ini juga bisa mengakibatkan muncul kode error, kalaupun tidak keluar kode error maka bisa dipastikan toner atau tinta fotocopynya menjadi boros dan hasilnya kurang maksimal.
  9. Setelah itu Anda tekan END
  10. Tekan TECH REP CHOICE kemudian tekan PRINTER
  11. Lalu tekan ATDC SENSOR GAIN ( misalkan angkanya 150 maka naikkan / turunkan caranya dengan menekan tombol C
  12. Setelah itu tekan angka yang Anda inginkan secara manual, setelah diisi angka maka tekan END agar angka yang sudah Anda masukkan tadi telah tersimpan pada system
  13. Jika sudah maka tekan tombol END sampai EXIT
  14. Setelah itu Anda bisa mencoba mengcopy 1 lembar, jika sudah maka cek lagi ATDC LEVEL seperti langkah diatas.
  15. Saya sarankan Anda mencobanya seperti cara diatas jika dirasa mesin Anda belum normal. Cobalah beberapa kali sampai ATDC LEVEL benar benar normal.


Lumayan susah ya caranya, tapi dengan mencoba-coba, saya yakin Anda akan bisa menerapkannya, karena pada intinya cara ini butuh ketelitian saja. Demikianlah postingan atau informasi dari saya mengenai Cara Mengatasi Error E 2557 Fotocopy Konica Minolta Bizhub 250/350. Semoga bisa bermanfaat bagi semua yang berkunjung di blog ini. Terima kasih.



Cara Reset Error Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta

Mari Kita Reset Error Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta

Cara Reset Error Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta adalah judul dari postingan saya kali ini. Bagaimana nih kabarnya? semoga pada baik ya, Amin. Yang namanya mesin, memang tidak pernah lepas dari yang namanya error, mesin fotocopy juga demikian, entah itu mesin tipe Konica Minolta, canon maupun lain-lain.

Kalau boleh dibilang antara mesin fotocopy merk Konica Minolta dan Canon, yang lebih laris di pasar Indonesia adalah mesin fotocopy canon, kenapa demikian? karena mesin fotocopy canon memang pengoperasiannya yang mudah dan harganya yang cukup terjangkau serta onderdilnya mudah didapat, baik di agen mesin fotocopy maupun di showroom resmi, tapi juga tidak menutup kesempatan bagi mesin fotocopy Konica Minolta dan lain-lain untuk beroperasi di Indonesia ini. 

Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta
Cara Reset Error Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta


Kembali ke topik bahasan yaitu Cara Reset Error Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang bingung karena mesin fotocopy Bizhub tipe 250 Konica Minolta sedang mengalami error, maka tips berikut bisa dicoba dan mudah-mudahan berhasil. 

Berikut ini tips Cara Reset Error Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta

1.Buka tutup samping ke bawah ( dekat lubang koneksi USB / LAN )
2.Cari switch kecil di area koneksi setelah itu tekan switch tersebut
3.Kemudian tekan angka 3
4.Isi pasword dengan angka 00000000
5.Tekan END
6.Tekan trouble reset
7.Tekan EXIT
8.Selesai

Jika Anda setelah melakukan cara diatas namun mesin fotocopy Bizhub tipe 250 Konica Minolta masih saja mengeluarkan pesan error, berarti kemungkinan besar ada bagian komponen yang rusak ( bisa jadi lampunya / sekring putus atau yg lebih parah lagi yaitu mother board rusak.

Demikianlah postingan saya kali ini mengenai Cara Reset Error Mesin Fotocopy Bizhub 250 Konica Minolta. Semoga postingan saya kali ini dapat bermanfaat bagi Anda dan orang banyak. Terima kasih sudah mampir diblog tentang fotocopy ini.

Tuesday, February 10, 2015

Tips Agar Hasil Cetak Fotocopy Selalu Bagus

Inilah Tips Agar Hasil Cetak Fotocopy Selalu Jernih

Tips agar hasil cetak fotocopy selalu bagus adalah judul dari postingan ini. Sebelum saya berbagi lebih jauh mengenai tips fotocopy ini, ada baiknya kita berkenalan dahulu, nama saya Syaikhul Amri, orang Jombang, yang lumayan ngerti tentang dunia fotocopy, baik mengoperasikan maupun dalam hal service mesin fotocopy. Oke mungkin cukup disitu perkenalan kita.

Mesin fotocopy memang seperti halnya mesin-mesin pada umumnya, jika ada komponen-komponen yang sudah tidak prima, biasanya berefek pada hasil yang kurang memuasakan. Mesin fotocopy juga demikian, jika hasil cetak fotocopy kurang maksimal maka sudah bisa dipastikan pelanggan Anda akan kabur ke toko sebelah Anda, namun bagi Anda yang dipakai pribadi seperti kantor, mungkin merasa tidak puas jika hasil cetak fotocopy kurang bagus. 

Tips Agar Hasil Cetak Fotocopy Selalu Bagus
Tips Agar Hasil Cetak Fotocopy Selalu Bagus


Nah untuk itu ada baiknya Anda menjadi service amatir untuk mesin fotocopy Anda, jika sewaktu-waktu mesin fotocopy Anda mengalami masalah yang tidak terlalu berat, maka Anda bisa memperbaiki sendiri. Tentu ini akan menghemat pengeluaran Anda. Sebenarnya ada beberapa tips-tips agar hasil cetak fotocopy senantiasa bagus dan jelas, apa saja itu? berikut ini adalah tips agar hasil cetak fotocopy selalu bagus dan terang.

5 Tips agar hasil cetak fotocopy selalu jernih dan jelas.

Toner fotocopy
1.Pakailah Toner/Tinta fotocopy dengan kualitas yang bagus, ciri-ciri Toner yang bagus adalah bubuknya yang sangat halus, lebih halus dari pada bedak bayi, jika di aduk mirip seperti air. Terdapat merk dalam kemasan toner tersebut dan pastikan juga merk dan tipe mesin fotocopy Anda tertera dalam kemasan toner tersebut.

Ganti kawat korona
2.Setiap bulan atau jika pemakaian mesin fotocopy Anda sudah mencapai 100 rim, gantilah kawat korona mesin fotocopy Anda dengan yang masih baru. Pastikan kawat korona Anda warnanya kuning ke emas-emasan.

Bersihkan Kaca
3.Usahakan setiap hari Anda membersihkan debu-debu pada kaca dan semua cermin dalam optic mesin fotocopy Anda. Ketika membersihkannya diusahakan menggunakan kain yang lembut dan bersih, agar kaca-kaca tersebut tidak tergores. 

Gosok Drum
4.Setiap pemakaian fotocopy Anda mencapai 200.000 lembar, maka gosoklah Drum mesin fotocopy Anda menggunakan Braso dan bedak serta gunakanlah kain yang lembut dan bersih, agar Drum mesin fotocopy Anda tidak tergores. Jika Anda tidak tau cara membuka Drum mesin fotocopy Anda maka klik link berikut Cara membuka Drum mesin fotocopy secara mudah dan benar.

Jangan cabut kabel listrik
5.Jangan cabut kabel listrik yang menancap di stop kontak ketika mesin tidak digunakan, cukup matikan tombol off pada masin fotocopy Anda. Ini dimaksudkan agar Drum mesin fotocopy Anda tetap hangat, karena jika dingin maka hasil fotocopy Anda sudah dipastikan tidak jelas atau dalam bahasa jawanya blereng

Demikianlah postingan dari saya kali ini dengan judul tips agar hasil cetak mesin fotocopy senantiasa bagus. Semoga postingan saya ini bisa bermanfaat bagi orang banyak. Silakan tekan tombol share dibawah ini jika artikel saya ini menarik. Terima kasih sudah berkunjung diblog tentang fotocopy ini.