Sunday, May 14, 2017

7 Tips Merawat Drum Mesin Fotocopy Secara Tepat

Tips Merawat Drum Mesin Fotocopy Secara Tepat - Setelah sebelumnya kami memposting tentang Kode Error Fotocopy Canon iR 6570 Bahasa Indonesia, maka pada kesempatan kali ini kami memposting tentang 7 Tips Merawat Drum Mesin Fotocopy Secara Tepat. Drum mesin fotocopy terbagi menjadi 2, yakni berdiameter kurang lebih 3 - 5 cm yang biasanya digunakan untuk mesin fotocopy mini dan sedangkan drum ukuran kurang lebih 7 - 10 cm yang biasanya digunakan untuk mesin fotocopy premium/besar.

Tentu saja harga drum untuk mesin fotocopy besar harganya lebih mahal dibanding drum ukuran kecil. Drum adalah komponen mesin fotocopy yang harganya paling mahal diantara komponen-komponen lainnya, harga drum untuk mesin fotocopy besar bisa mencapai 7-9 juta tergantung kualitasnya juga, untuk itulah mengapa drum harus kita rawat agar performanya selalu optimal dan tidak cepat rusak.

Cara Merawat Drum Mesin Fotocopy Canon
7 Tips Merawat Drum Mesin Fotocopy Secara Tepat


Nah, bagi Anda yang sudah tidak sabar tentang bagaimana cara merawat drum mesin fotocopy secara benar dan tepat, maka berikut ini adalah tips-tipsnya:

1. Jangan membuka staples di atas mesin fotocopy, karena bisa saja isi staples akan masuk kedalam mesin fotocopy melalui stack by pass dan juga bisa menempel di magnet developing, tentu saja jika isi staples masuk ke 2 bagian ini akan berakibat fatal terhadap drum mesin fotocopy Anda.

2. Jangan menggunakan cleaning blade yang kualitasnya buruk atau biasa, karena spare part ini menempel langsung dengan drum, tentu sangat riskan jika Anda tetap memaksa menggunakan cleaning blade kualitas yang buruk.


3. Hindari memakai Toner/Tinta yang kualitasnya belum teruji dan hindari juga memakai Tinta bekas, karena hal ini bisa menyebabkan tinta tersebut mengeras pada bagian unit drum.

4. Bila volume copy setiap hari sangat banyak, misalnya kurang lebih 100.000 lembar setiap hari, maka disarankan untuk sering membersihkan korona bagian atas dan bawah. Untuk membersihkan korona bisa menggunakan kain lembut bersih dan menggunakan cairan seperti san poly, alkohol, brasso, oh iya jangan membersihkan korona dengan air putih biasa karena dapat menyebabkan konslet pada korona tersebut.

5. Pastikan kawat wire korona tidak ada yang tertekuk, karena takutnya akan putus ketika proses copy sedang berjalan, tentu jika hal ini terjadi maka kawat wire korona akan menempel di permukaan drum dan bisa menyebabkan drum cacat.

6. Rutin mengganti kawat wire korona jika volume copy sangat banyak dan jika kawat wire korona warnanya sudah hitam, segera ganti kawat wire korona tersebut dengan yang baru.


7. Jika hasil fotocopy terdapat garis hitam maka segera ganti atau cukup dibalik cleaning bladenya, karena ini menandakan bahwa cleaning blade mengalami kebocoran.


Demikianlah artikel tentang 7 Tips Merawat Drum Mesin Fotocopy Secara Tepat. Semoga dengan adanya artikel kami ini bisa bermanfaat bagi semua. Baca juga artikel-artikel bermanfaat dari blog ini.

Artikel Terkait

7 Tips Merawat Drum Mesin Fotocopy Secara Tepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email