Sunday, March 8, 2015

Cara Mengatasi Error E013 Pada Mesin Fotocopy Canon

Cara Mengatasi Error E013 Pada Mesin Fotocopy Canon adalah judul dari postingan saya pada kesempatan kali ini. Setelah saya cari-cari di internet ternyata cara untuk mengetahui mesin fotocopy canon yang error E013 ternyata tidak ada, untuk itu saya akan memberikan informasi mengenai hal ini, agar para sahabat bisa tau kenapa mesinnya kok error E013. 

Namun sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai hal ini, maka saya sedikit ada tips agar hasil mesin fotocopy Anda selalu bagus. Adapun tipsnya adalah bersihkan secara berkala korona di unit 1 dan korona di unit drum, karena jika korona ini kotor maka hasil yang didapat kurang maksimal untuk itu usahakan korona tersebut selalu bersih dan juga bersihkan secara berkalau kaca (mirror) fotocopy, sementara itu jika mesin fotocopy tidak digunakan (misalnya tutup toko) maka jangan cabut aliran listrik yang tertancap pada stop kontak agar drum pada mesin fotocopy tidak dingin, cukup matikan saja tombol powernya.  

Error E013
Lokasi Pembuangan Limbah Toner/Tinta Fotocopy


Yuk kembali ke topik bahasan mengenai cara mengatasi mesin fotocopy yang error e013. Masalah ini disebabkan karena toner/tinta limbah di pembuangan sudah penuh, yang asal mulanya juga  disebabkan karena Anda terlambat untuk membuang toner limbah. Jika toner/tinta limbah ini sudah penuh maka per yang ada didalam slang pembuangan menjadi menekuk (bengkong), otomatis aliran toner/tinta limbah menjadi terhambat dan akhirnya mesin mengalami error E013. Nah, untuk mengatasi hal ini maka lakukan hal-hal seperti berikut.

Bagaimana Caranya Mengatasi Mesin Fotocopy Canon IR/NP Error E013

1. Buang terlebih dahulu toner/tinta limbah terlebih dahulu, biasanya letak limbah toner ada dibagian belakang mesin fotocopy.

2. Bersihkan sisa-sisa toner yang ada dibagian slang pembuangan toner sampai bersih menggunakan kawat atau kayu kecil. Jika toner sudah dibuang dan slangnya sudah bersih, maka kembalikan lagi wadah limbah toner pada tempatnya, 

3. Kemudian tekan *28* (ketika menekan angka 28 harus bersamaan) > COPIER > FUNCTION > CLEAR > ERR > OK, setelah itu matikan mesin lalu hidupkan kembali. Biasanya setelah Anda melakukan hal ini maka mesin fotocopy Anda akan normal kembali.

4. Namun jika mesin fotocopy Anda masih muncul kode error E013 pada layar LCD mesin fotocopy Anda, berarti bisa dibilang mesin fotocopy Anda agak parah, untuk itu perlu dilakukan pembongkaran pada bagian saluran pembuangan limbah toner. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, mau tidak mau Anda harus panggil teknisi mesin fotocopy langganan Anda, karena boleh dibilang cara ini agak sulit dan penuh ketelitian.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan kepada Anda semua mengenai Cara Mengatasi Error E013 Pada Mesin Fotocopy Canon IR/NP. Saran dari saya jika mesin fotocopy Anda sudah menghabiskan toner hingga 7 kg maka sebaiknya Anda buang toner limbahnya agar hal-hal seperti diatas tidak terjadi. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan pelajaran. Terima kasih.


Artikel Terkait

Cara Mengatasi Error E013 Pada Mesin Fotocopy Canon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email