Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Yang Belang

Hasil fotocopy yang belang memang tidak mesti tertuju pada satu sparepart saja, melainkan ada beberapa sparepart yang harus kita cek satu persatu. Untuk itu kami akan menguraikan satu persatu sparepart mana saja yang perlu kita cek dan kita perbaiki jika memang ada sparepart yang tidak stabil atau sudah rusak.

Daftar isi [Tampil]
Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Yang Belang - Pada kesempatan kali ini kami share tentang cara Mengatasi Hasil Fotocopy Yang Belang di mesin fotocopy IR Canon Series. Pada dasarnya hasil mesin fotocopy adalah tercetak hitam sempurna sesuai dengan aslinya, namun jika hasil fotocopy yang didapat terdapat belang-belang, maka bisa dipastikan ada sparepart yang perlu kita cek dan perbaiki.

Hasil fotocopy yang belang memang tidak mesti tertuju pada satu sparepart saja, melainkan ada beberapa sparepart yang harus kita cek satu persatu. Untuk itu kami akan menguraikan satu persatu sparepart mana saja yang perlu kita cek dan kita perbaiki jika memang ada sparepart yang tidak stabil atau sudah rusak.



Developing

1. Yang pertama kali kita cek adalah Developing. Developing adalah sebuah wadah yang mana toner/tinta terkumpul disini. Di dalam developing ini terdapat beberapa komponen yang bisa berputar jika mesin fotocopy sedang dipakai, fungsinya adalah untuk mengaduk toner agar tidak mengeras dan menggumpal. 


Nah, jika hasil fotocopy Anda belang kemungkinan ada toner yang menggumpal pada developing tersebut, solusinya adalah kuras toner tersebut, kemudian bersihkan roller magnet menggunakan brasso hingga benar-benar bersih dan keringkan sebentar, kemudian pasang kembali roller magnetnya.

Pasang kembali developing ke mesin, mengingat developing dalam keadaan kosong (tidak ada toner), maka kita harus melakukan instal toner, agar toner yang ada di hopper turun ke developing tersebut, adapun cara instal toner adalah sebagai berikut:

  1. Masuk Save Mode (*28*)
  2. Copier
  3. Function
  4. Install
  5. Klik Toner check kemudian OK
  6. Silakan Anda tunggu sampai proses selesai


Jika setelah melakukan cara di atas namun hasil fotocopy masih belang, berarti lakukan cara berikutnya di bawah ini:

Membersihkan Drum

2. Hasil fotocopy belang juga bisa disebabkan karena drum dalam keadaan tidak normal, bisa jadi drumnya kotor ataupun lembab, untuk itu yang perlu dilakukan adalah membersihkan drum menggunakan brasso sampai benar-benar bersih dan kering. Oh ya, kami sarankan hati-hati ketika melepaskan drum, karena jika jatuh atau berbenturan dengan benda yang keras maka drum tersebut bisa cacat.

Selain membersihkan drum, hal yang perlu dilakukan adalah membersihkan primari chargingnya. Jika drum sudah dibersihkan maka pasang kembali drum tersebut ke unit drum dan coba jalankan mesin fotocopy Anda. Biasanya dengan melakukan cara ini maka hasil fotocopy yang didapat akan kembali normal.


Demikianlah tutorial dari kami tentang Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Yang Belang Pada Mesin Fotocopy Canon IR Series.

0 Response to "Cara Mengatasi Hasil Fotocopy Yang Belang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Silakan Subscribe Channel Saya