Thursday, May 11, 2017

Kenapa Fotocopy Tanpa Hasil Ngeblank Putih Polos?

Kenapa Fotocopy Tanpa Hasil Ngeblank Putih Polos? - Hal yang paling utama jika bergerak dibidang jasa fotocopy adalah kualitas hasil fotocopy, karena jika hasil cetakan fotocopy Anda bagus maka besar kemungkinan pelanggan Anda akan menjadi pelanggan tetap, tetapi jika hasil fotocopy Anda jelek tentu ini menjadi salah satu faktor pelanggan Anda kabur ke tempat jasa fotocopy lain.

Dalam melayani pembeli memang kita di tuntut untuk ekstra cepat dan tepat, seperti halnya melayani konsumen fotocopy. Apa jadinya jika mesin fotocopy yang Anda gunakan untuk melayani konsumen mengalami gangguan yakni hasil fotocopy ngeblank putih polos atau tanpa hasil sama sekali? Anda tidak perlu panik karena kami disini sudah memberikan beberapa solusi penyebab terjadinya masalah tersebut.

Hasil Fotocopy Tanpa Hasil Ngeblank Putih Polos
Kenapa Fotocopy Tanpa Hasil Ngeblank Putih Polos?


Nah, pada kesempatan kali ini kami mencoba untuk memberikan informasi yang tepat tentang penyebab hasil fotocopy tanpa hasil ngeblank putih polos. Adapun untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

1. Corona Atas. 

Cobalah periksa unit corona atas yang letaknya ada di atas drum apakah ada kawat yang putus atau kawatnya kendor dan bersihkan menggunakan lap/kain yang lembut dan bersih menggunakan brasso atau san poly. Jika sudah bersih pasang kembali dan coba tes hasil fotocopynya, jika hasilnya masih putih polos alias ngeblank tanpa hasil maka cobalah cara nomor 2.

2. Corona Bawah.

Periksalah corona bawah yang letaknya ada dibagian bawah drum apakah kawat corona sudah benar dan tidak putus. Periksa juga apakah coronanya kotor, karena jika corona ini kotor kemungkinan hasil fotocopy ngeblank dan kurang maksimal, yang perlu dilakukan adalah membersihkannya menggunakan lap/kain yang lembut dan bersih menggunakan brasso atau san poly. Jika sudah dibersihkan cobalah tes hasil fotocopynya dan jika hasilnya masih saja kosong putih, maka lakukan langkah nomor 3.

3. Developer.

Periksalah developernya, apakah ada toner/tinta atau tidak. Lokasi developer ada di samping bagian kanan mesin fotocopy. Jika developernya tidak ada toner/tinta kemungkinan sensornya rusak. Cek juga magnet developer apakah sudah sudah aus, ciri-ciri magnet developer sudah aus adalah warnanya putih pekat dan toner tidak mampu melekat ke magnet developernya.

4. Tabung Toner/Tinta.

Periksalah tabung tinta/toner apakah toner tersebut bisa melaju ke developer, jika toner tidak bisa melaju ke developer, berarti sensor tabung tinta mengalami kerusakan dan perlu penggantian pada sensornya.

5. HVT (High Voltage Tranformer)

Cobalah Anda cek pada bagian HVT, Jika Anda mempunyai lebih dari 1 mesin maka Anda bisa meminjam HVT dari mesin lain yang keadaannya normal, jika setelah Anda ganti HVT pada mesin lain dan hasilnya sudah bagus berarti ada kerusakan pada bagian HVT.

6. Drum.

Cobalah untuk memutar putaran drum menggunakan obeng, apakah drumnya seret atau jalannya tidak sempurna atau bahkan tidak bisa berputar. Drum yang jalannya tidak sempurna atau tidak bisa berjalan juga menyebabkan hasil fotocopy ngeblank putih polos. Jika memang jalannya drum tidak sempurna berarti ada ger atau komponen yang rusak, jika Anda masih baru dalam dunia mesin fotocopy, maka kami sarankan Anda memanggil teknisi langganan Anda, karena untuk urusan drum memang perlu tenaga ahli yang sudah berpengalaman.

7. Soket Sparator corona

Coba Anda cek pada bagian Soket Sparator corona, karena jika pada bagian ini patah maka hasil fotocopy sudah dipastikan akan ngeblank tidak ada hasil alias putih bersih. Letak soket sparator corona ini ada dibagian ujung korona bawah, jika soket sparator corona ini patah maka komponen ini tidak bisa dialiri listrik dan tentunya toner/tinta tidak bisa melekat pada kertas. Berikut ini gambar lokasi soket sparator corona.

Kenapa Fotocopy Tanpa Hasil Ngeblank Putih Polos?


Jika Anda sudah melakukan cara-cara di atas seperti yang sudah kami jelaskan, namun hasil fotocopy masih ngeblank polos putih bersih, maka kami sarankan Anda untuk memanggil teknisi Anda yang sudah berpengalaman untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang lain. Demikianlah informasi mengenai Kenapa Fotocopy Tanpa Hasil Ngeblank Putih Polos?

Note: Jika mesin fotocopy Anda masih dalam Garansi Pembelian, maka silakan Anda hubungi penjualnya untuk mengatasi hal tersebut.

Baca juga:


Artikel Terkait

Kenapa Fotocopy Tanpa Hasil Ngeblank Putih Polos?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email