9 Alat Yang Harus Di Miliki Untuk Buka Jasa Fotocopy

Bagi Anda yang akan memulai bisnis jasa fotocopy, maka ada baiknya untuk mengetahui alat apa saja yang harus di miliki. Bisnis jasa fotocopy memang bisnis yang cukup menjanjikan.

Daftar isi [Tampil]
9 Alat Yang Harus Di Miliki Untuk Buka Jasa Fotocopy - Bagi Anda yang akan memulai bisnis jasa fotocopy, maka ada baiknya untuk mengetahui alat apa saja yang harus di miliki. Bisnis jasa fotocopy memang bisnis yang cukup menjanjikan, terlebih jika lokasinya strategis sekali, yang dimaksud strategis adalah lokasinya yang dekat dengan sekolahan, kantor instansi pemerintah, jalanan rame, kampus, padat penduduk  dan lain sebagainya. Bukan hal tidak mungkin BEP (break event point) atau balik modal cepat kembali dalam waktu yang relatif cepat.

Dalam menjalankan bisnis fotocopy ada baiknya Anda juga mengerti tentang cara memperbaiki mesin fotocopy jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan, meskipun tidak 100% bisa. Kenapa demikian? karena jika Anda telah berniat untuk membuka jasa fotocopy maka otomatis Anda juga harus siap menjadi teknisi amatir bagi mesin fotocopy Anda. Hal seperti ini sudah sangat wajar dan biasa dalam bisnis jasa fotocopy, mengingat mesin fotocopy yang rentang mengalami error atau trouble. 

Alat atau Mesin Yang Harus Punya Jika Mulai Buka Jasa Fotocopy
Alat Apa Saja Yang Harus Di Miliki Untuk Buka Jasa Fotocopy


Mungkin bagi para pemula yang akan membuka jasa fotocopy mempunyai pertanyaan seperti ini "Wah saya nggak bisa service mesin fotocopy nih, gimana?" maka saya akan jawab "Tidak apa-apa, karena lambat laun Anda akan bisa, asalkan Anda mau belajar". Nah berikut ini adalah alat-alat atau mesin apa saja yang harus punya jika akan membuka jasa fotocopy atau yang biasa disebut dengan Copy Center.

9 Alat atau Mesin Apa Saja Yang Di Gunakan Untuk Membuka Jasa Fotocopy

#Mesin Fotocopy

1. Sudah jelas bahwa mesin fotocopy adalah yang paling utama untuk dimiliki jika Anda akan membuka jasa fotocopy. Ada banyak sekali pilihan mesin fotocopy untuk digunakan bisnis jasa fotocopy, harganya juga sangat bervariasi, mulai dari harga 10 jutaan hingga 50 jutaan. Pilihlah mesin fotocopy yang harganya seimbang dengan modal Anda. Kalau saran saya pilih mesin fotocopy canon ir 5000 atau 6000, karena mesin tersebut performanya sangat bagus, jarang sekali mengalami error.


#Mesin Laminating

2. Mesin laminating juga sangat berperan penting dalam bisnis jasa fotocopy, karena orang yang datang ke copy center biasanya juga membutuhkan jasa laminating, misalnya seperti melaminating Ijazah, KTP, SIM, Kartu Keluarga, Piagam dan lain-lain. Namun Anda di tuntut ekstra hati-hati dalam menjalankan mesin yang satu ini, pasalnya mesin laminating kerap mengalami macet ditengah-tengah jika tidak tau cara megoperasikannya. Mengingat dokumen yang dilaminating sifatnya sangat penting, maka jangan sampai mesinnya mengalami macet yang mengakibatkan dokumennya rusak.


#Alat Staples atau Stapler

3. Alat yang tidak kalah penting jika kita membuka jasa fotocopy adalah Stapler, karena alat yang satu ini kegunaannya setiap hari, tiada hari tanpa staples. Anda diwajibkan mempunyai Stapler, baik itu yang ukuran kecil, sedang sampai yang besar. Stapler besar yang saya maksud disini adalah yang bisa digunakan untuk urusan jilid menjilid ukuran tebal.


#Alat Pemotong Kertas

4. Alat pemotong kertas juga tidak kalah penting dari alat atau mesin lainnya jika akan membuka jasa fotocopy, karena alat yang satu ini tidak bisa dilepaskan dari dunia jasa fotocopy. Ada dua macam jenis pemotong kertas, yang pertama pemotong kertas yang bisa memotong kertas maksimal 20 lembar saja dan yang kedua pemotong kertas yang bisa memotong kertas hingga 400 lembar. Harga alat pemotong kertas yang pertama adalah kisaran Rp.200.000,- sedangkan harga alat pemotong kertas yang kedua adalah kisaran Rp.2.500.000,-.


#Alat Pres Mika

5. Alat pres mika juga tidak boleh ketinggalan jika Anda membuka bisnis jasa fotocopy, jika copy center Anda sangat lengkap maka orang yang datang ke copy center Anda pasti bakal balik lagi dan menjadi pelanggan tetap Anda, yang terpenting layani pelanggan dengan senyuman dan sepenuh hati. Alat pres mika memang hampir sama dengan mesin laminating, yang mana fungsinya untuk membungkus atau melapisi dokumen dengan plastik khusus. Perbedaan dari laminating dan pres mika adalah:

# Jika dokumen telah di laminating maka dokumen tersebut tidak bisa dibuka lagi, kalaupun dipaksa maka dokumen tersebut akan rusak atau sobek-sobek.

# Jika dokumen telah di pres mika maka dokumen tersebut masih bisa diambil lagi karena sifat dari pres mika adalah melengketkan bagian pinggir-pinggirnya saja.

#Macam-macam ATK

6. Rasanya kurang komplit jika copy center kita tidak ada ATK atau alat tulis sekolah dan kantor. Dengan adanya ATK maka copy center Anda terlihat sungguh-sungguh dalam menjalankan bisnis jasa fotocopy, tentu saja hal tersebut menjadi nilai tambah bagi copy center Anda, yang mana akan banyak orang yang datang ke copy center Anda.

#Etalase Kaca

7. Etalase kaca juga sangat berpengaruh terhadap bisnis jasa fotocopy, karena dengan adanya etalase kaca maka copy center atau toko Anda akan lebih kelihatan menarik, otomatis barang-barang dagangan Anda kelihatan. Sementara itu dengan adanya etalase kaca maka barang-barang dagangan Anda lebih tertata rapi dan tidak semrawut dipandang.

#Banner dan Neon Box

8. Banner dan Neon Box memang 2 hal yang tidak boleh ketinggalan, karena manfaatnya untuk menarik pengunjung atau pelanggan datang ke copy center Anda. Dengan adanya banner dan neon box maka copy center Anda lebih kelihatan menarik dan professional. Sementara itu juga bisa dijadikan tanda bahwa disitu melayani jasa fotocopy.

#Penjilidan

9. Selain fotocopy, pelanggan yang datang juga membutuhkan penjilidan, macam-macam penjilidan cukup beraneka ragam, seperti jilid mika, jilid bufallo, jilid soft cover, jilid hard cover dan jilid spiral. Laba dari penjilidan menurut saya lumayan besar, maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan ini.

Demikianlah informasi mengenai mesin atau alat apa saja yang perlu disiapkan jika akan membuka jasa fotocopy. Saya rasa cukup sampai disini dulu info yang bisa saya berikan. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Anda, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, karena saya disini hanya ingin berbagi dengan Anda. Semoga bermanfaat. :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Silakan Subscribe Channel Saya