Saturday, January 14, 2017

Inilah Bahaya Mesin Fotocopy Terhadap Kesehatan Anda (Wajib diBaca)

Inilah Bahaya Mesin Fotocopy Terhadap Kesehatan Anda - Pada kesempatan kali ini kami posting tentang Bahaya Mesin Fotocopy Terhadap Kesehatan Anda. Setiap mesin ataupun alat elektronik lainnya, memang memiliki banyak sekali manfaat dan sering kali membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, namun hal tersebut biasanya tidak lepas juga dari efek negatif pada mesin itu sendiri. Nah, pada mesin fotocopy juga terdapat bagian-bagian yang bila tidak menggunakannya dengan baik akan dapat menimbulkan efek negatif pada lingkungan dan kehidupan manusia.

Inilah Bahaya Mesin Fotocopy Terhadap Kesehatan Anda dan Solusinya


Berikut ini hal-hal yang berbahaya pada mesin fotocopy untuk kesehatan Anda:

1. CAHAYA ULTRA VIOLET

Radiasi ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa Inggris: ultraviolet) adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil. Lampu-lampu jenis fluorescent, metalhalide atau quartz pada umumnya digunakan dalam mesin fotocopy. Lampu itu sendiri bukan merupakan bahaya, akan tetapi lampu dapat menyebabkan tekanan pada mata ketika berlangsung berulang-ulang.

Efek Bagi Kesehatan

Cahaya lampu yang digunakan secara terus menerus pada mesin fotocopy dapat menyebabkan iritasi mata dan sakit kepala setelah terpapar, jika dilihat secara langsung. Ini dapat mengiritasi dan menimbulkan ketegangan pada kesehatan pekerja.

Solusi

Setiap Anda melakukan fotocopy sebaiknya selalu dilakukan dengan menurunkan penutup mesin fotocopy (ADF) agar sinar yang memancar tidak langsung kontak dengan mata.

2. GAS OZON (O3)

Ozon adalah suatu bentuk dari oksigen (O2) yang tidak stabil, ozon itu sendiri terdiri dari tiga molekul oksigen yang bila diteliti memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Ozon amat dipercayai sebagai bahan beracun.

Ozon dihasilkan dari pengoperasian alat listrik dengan tegangan (voltase) tinggi, seperti mesin fotocopy. Pada mesin fotocopy, ozon terbentuk pada waktu memasukkan dan mengeluarkan tabung dan kertas Ozon yang keluar dari mesin fotocopy bersifat beracun serta memiliki bau yang tajam yang dapat menimbulkan banyak masalah terhadap kesehatan manusia

Efek Bagi Kesehatan

Seperti biasanya ozon dengan cepat berubah kembali menjadi oksigen, konsentrasi ozon yang normal disekitar mesin fotocopy harus tidak menimbulkan gejala pada karyawan. Bagaimanapun, konsentrasi ozon dapat terbentuk jika ruangan tersebut mempunyai ventilasi yang tidak baik. Jika konsentrasi ozon meningkat, gas yang berbau ini dapat menyebabkan iritasi pada mata, saluran pernapasan bagian atas dan paru-paru, tenggorokan dan hidung. Gejala lain adalah sakit kepala,napas pendek, pusing, lelah dan kehilangan sensitivitas penciuman sementara. Menghirup ozon dalam jangka waktu yang lama diketahui merusak paru-paru.

Solusi

Berikan ventilasi yang memadai, karena dengan adanya ventilasi yang memadai akan memberikan udara tetap stabil.

3. EFEK NOISE (Bising)

Mesin foto copy dengan kecepatan tinggi dan mempunyai fungsi ganda, mempunyai potensi untuk menjadi lebih bising. Mesin foto copi yang lebih tua bisa menimbulkan tingkat kebisingan diatas 75 dB(A) dan mesin foto copy dengan kemampuan besar menghasilkan kebisingan 80 dB(A). Tingkat kebisingan yang lebih tepat untuk area kantor seharusnya kurang dari 60 dB(A).

Efek Bagi Kesehatan

Kebisingan dari pengoperasian mesin foto copy (khususnya yang terus menerus) dapat menyebabkan stress diantara pekerja dan gangguan konsentrasi. Dalam industri press dan percetakan, kebisingan adalah bahaya utama untuk pekerja dan dapat menyebabkan tuli sementara atau telinga yang mendenging.

Solusi

Perbaiki atau ganti gir atau spare part yang sudah tidak layak yang dapat menyebabkan suara yang bising.

4. TONER (Tinta)

Toner adalah bubuk yang digunakan dalam printer laser dan mesin fotokopi untuk membentuk teks cetak dan gambar pada kertas. Toner dalam bentuk bubuk yang digunakan dalam mesin fotocopy umumnya kering dan dibuat dari berbagai formula carbon black. Bubuk toner yang halus dapat keluar dari mesin fotocopy, khususnya jika sistem toner gagal dan otomatis alat mati. Bubuk toner juga dapat keluar selama pemeliharaan atau ketika mengisi ulang tabung.

Efek Bagi Kesehatan

Toner adalah sebuah bubuk halus memiliki efek negative pada manusia yang cukup berbahaya. Serbuk halus seperti toner sangat mudah sekali untuk tersuspensi dalam udara, sehingga bagi para pekerja yang biasa umumnya bekerja dengan mesin fotocopy umumnya mudah sekali terkontaminasi dengan toner yang bereaksi dengan udara di sekitar tempat ia bekerja. Debu toner sering kali dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti bersin dan batuk. Bagi penderita penyakit pernapasan seperti asma dan bronchitis.

Sebuah studi diterbitkan di Universitas Rostock di Jerman dilaporkan telah menemukan bahwa partikel mikroskopis di toner adalah karsinogenik, mirip dengan asbes. Beberapa teknisi yang telah bekerja dengan printer dan mesin fotokopi setiap hari diamati selama beberapa tahun, mereka menunjukkan peningkatan masalah paru-paru.

Solusi

Selalu gunakan masker atau penutup hidung ketika Anda melakukan pengisian toner / tinta ke dalam tabung toner.

Demikianlah postingan kali ini tentang Bahaya Mesin Fotocopy Terhadap Kesehatan Anda dan Solusinya. Semua pekerjaan memang mempunyai resiko, namun kita harus bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, semoga dengan artikel di atas, setidaknya Anda tau hal-hal apa saja yang berbahaya pada mesin fotocopy dan akhirnya Anda tau bagaimana solusi untuk masalah tersebut. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini.

Baca juga:

Artikel Terkait

Inilah Bahaya Mesin Fotocopy Terhadap Kesehatan Anda (Wajib diBaca)
4/ 5
Oleh