Monday, May 15, 2017

5 Tips Merawat Alat Pemotong Kertas Jasa Fotocopy

Tips Merawat Alat Pemotong Kertas Jasa Fotocopy - Berkecimpung dibidang jasa fotocopy memang tidak pernah lepas dengan yang namanya potong-potong kertas, karena bahan utama dari pekerjaan ini adalah kertas. Untuk menunjang kelancaran pekerjaan ini memang dibutuhkan alat pemotong kertas.
 
Pemotong kertas untuk jasa fotocopy terbagi menjadi 2 bagian yakni pemotong kertas ukuran mini dan pemotong kertas ukuran maksi/besar. Pemotong kertas ukuran mini hanya bisa memotong kertas HVS kurang lebih maksimal 20 lembar sedangkan pemotong kertas ukuran maksi bisa memotong kertas HVS kurang lebih maksimal 500 lembar.

Alat pemotong kertas memang sangat membantu pekerjaan orang yang berkecimpung didunia jasa fotocopy, karena dengan alat pemotong kertas ini maka kita tidak perlu menggunakan gunting atau cutter hanya untuk memotong kertas. Pasti tidak mungkin jika kita memotong kertas dengan jumlah banyak memakai gunting sedangkan memotong kertas menggunakan cutter itu sangat berbahaya, karena bukan tidak mungkin cutter tersebut bisa mengenai jari kita jika tergesa-gesa dan tidak hati-hati. 
 
Dulu jari jempol saya pernah terkena pisau cutter karena saya tergesa-gesa akhirnya jempol saya cedera dan berdarah. Untuk itulah kenapa kita harus punya alat pemotong kertas, baik itu ukuran mini maupun ukuran maksi.

Berikut ini contoh pemotong kertas ukuran maksi/besar

 
Sumber gambar: kotakpensil.com


Berikut ini contoh pemotong kertas ukuran mini

Alat Pemotong Kertas Mini Untuk Usaha Fotocopy
Alat Pemotong Kertas Mini
 


Lalu, bagaimanakah agar alat pemotong kertas yang kita miliki tidak cepat rusak dan terawat dengan sangat baik, maka berikut ini saya berikan tips merawat alat pemotong kertas jasa fotocopy.


1. Lumasi secara berkala dengan minyak pada bagian yang terdapat lubang-lubangnya, lumasi juga pada bagian yang bergesekan. Jika Anda rutin melumasi alat pemotong ini maka bahan-bahan yang terbuat dari besi dan baja ini tidak cepat aus dan karatan.

2. Asah mata pisau jika sudah tidak tajam. Mengasah mata pisau perlu kita lakukan agar hasil potongan yang didapat terlihat rapi dan tarikannya tidak berat.

3. Hindari memotong kertas yang ada isi staplesnya. Musuh yang paling fatal untuk alat pemotong kertas adalah isi staples karena jika sekali saja mata pisau mengenai isi staples maka mata pisau tersebut sudah dipastikan akan cacat dan untuk menghilangkannya maka kita perlu mengasahnya. Untuk itulah perlu hati-hati dan sebaiknya Anda cek terlebih dahulu bagian kertas yang akan dipotong.  

4. Jangan lupa untuk selalu mengunci alat pemotong kertasnya. Mengunci alat pemotong kertas memang sangat dianjurkan agar pemotong kertas tidak dibuat mainan oleh orang yang tidak mengerti fungsinya seperti halnya anak-anak, tentu sangat dikhawatirkan jika alat pemotong kertas ini dibuat mainan anak-anak.

5. Jangan memotong selain kertas dan plastik. Selain kertas, alat pemotong ini juga bisa digunakan untuk memotong plastik seperti plastik mika dan plastik laminating.

Demikianlah tips dari kami tentang bagaimana cara merawat alat pemotong kertas untuk usaha jasa fotocopy. Semoga tulisan ini bermanfaat. Baca juga artikel-artikel menarik lainnya dari blog mesin fotocopy ini.
 
Baca juga:

Artikel Terkait

5 Tips Merawat Alat Pemotong Kertas Jasa Fotocopy
4/ 5
Oleh