Spare Parts Mesin Fotocopy Dan Fungsi UtamaNya

Bagi seseorang yang memiliki usaha fotocopy tentunya tak asing dengan Spare Parts mesin nya. Dan perlu diingat Spare Parts mesin fotocopy itu memang banyak sekali jenisnya jadi tak heran jika service center atau tempat penjualan biasanya menanyakan Spare Parts apa yang dibutuhkan atau paling tidak bawa contohnya agar memudahkan kalian untuk menemukan Spare Parts yang dibutuhkan.

Daftar isi [Tampil]
Spare Parts Mesin Fotocopy Dan Fungsi UtamaNya 

Spare Parts Mesin Fotocopy Dan Fungsi UtamaNya

Spare Parts Mesin Fotocopy Dan Fungsi UtamaNya - Bagi seseorang yang memiliki usaha fotocopy tentunya tak asing dengan Spare Parts mesin nya. Dan perlu diingat Spare Parts mesin fotocopy itu memang banyak sekali jenisnya jadi tak heran jika service center atau tempat penjualan biasanya menanyakan Spare Parts apa yang dibutuhkan atau paling tidak bawa contohnya agar memudahkan kalian untuk menemukan Spare Parts yang dibutuhkan.

Nah, untuk mempermudah kalian menemukan Spare Parts Mesin Fotocopy dengan mudah, alangkah baiknya kalian mengetahui jenis-jenis nya dan kegunaan nya.


Spare Parts Mesin Fotocopy Dan Fungsi UtamaNya


Berikut jenis-jenis Spare Parts Mesin Fotocopy dan Fungsi utamanya :

1. DEVELOPING ATAU DEVELOPOR 

Spare Parts ini termasuk bagian utama dalam proses mengcopy, yang dimana software ini berfungsi untuk menyimpan serbuk toner. Komponen ini juga berfungsi memindahkan serbuk toner ke drum pada saat developing.

2. ADF TRAI ATAU AUTOMATIC DOCUMENT FREEDER TRAY

Bagian ini juga bagian penting dalam mesin fotocopy, yang terletak di atas mesin sebagai penutup. Lebih tepatnya ini adalah sebuah laci yang dipersiapkan untuk melakukan feeding kertas document yang akan di copy secara otomatis. Jadi bisa dipastikan dengan ada nya ADF Trai ini pekerjaan akan lebih mudah dilakukan dan pastinnya akan lebih efisien.

3. DRUM TONER

Bagian utama mesin fotocopy adalah bagian Drum Toner ini karena dibagian inilah yang menghasilkan gambar atau tulisan. Jadi pastikan jangan sekali-kali menyentuh Drum Toner ini dengan tangan atau benda yang mengandung minyak. Drum ini berbentuk silinder, berlapiskan selenium yang bila di aliri listrik akan bermuatan negatif dan menghasilkan daya tarik magnet.  Jadi kalian jangan kaget kalau spare part ini harga nya lumaya mahal karena ukuran nya yang lumayan besar dan kegunaan nya yang sangat penting dalam mesin fotocopy. Tandanya drum toner anda tidak berfungsi atau mengalami kerusakan adalah hasil fotocopy akan terlihat jelek dan muncul garis-garis.

4. LAMPU SCANER

Sesuai namanya, Spare Part ini berupa lampu yang berfungsi untuk menyinari tulisan pada dokumen yang akan diduplikasi oleh lensa ke arah drum. Perlu diketahui intensitas cahaya lampu ini cukup besar, jadi alangkah baiknya jika sedang melakukan fotocopy lebih baik tutup saja mesinnya agar tidak silau, dan usahakan jangan melihat langsung pantulan yang dihasilkan oleh lampu tersebut karena bisa menimbulkan iritasi mata.

Baca Juga Kode Error Mesin Fotocopy Canon iR 5065 / 5055 / 5075 / 5075N / 5065N / 5055N

5. PEMANAS ATAU HEATER

Bagus tidak nya hasil fotocopy tergantung pemanas atau heater ini karena Spare Part ini berfungsi untuk memanaskan dokumen hasil copy atau bisa disimpulkan gambar atau tulisan dibuat permanen oleh pemanas ini. Dan jika Spare Part ini mengalami gangguan atau kerusakan biasanya ditandai dengan lunturnya hasil copy atau toner tidak melekat pada kertas dan jika di lap, toner akan mudah terlepas dari kertas.

6. LASER 

Spare part ini berfungsi untuk memproses gambar atau tulisan dari penyinaran ke arah drum.

7. CLEANING BLADE 

Banyak sedikitnya toner yang dikeluarkan oleh mesin fotocopy dikendalikan oleh spare part ini. Dan sesuai namanya spare part ini juga berfungsi untuk membersihkan sisa - sisa toner yang masih menempel pada drum setelah proses peng copy an selesai.

8. KORONA

Korona sendiri disini berfungsi untuk mengatur keseimbangan jalannya kertas yang akan melewati drum. Jadi bisa dipastikan kalo hasil fotocopy anda kurang maximal korona sedang mengalami gangguan atau kerusakan.

9. POWER SUPPLY

Semua listrik yang diperlukan mesin dikendalikan sepenuhnya oleh power supply ini. karena dari komponen tersebut seluruh voltase sudah diregulasi untuk dialirkan di seluruh bagian penting mesin fotocopy.

10. FEEDER TRAY ATAU KASET KERTAS

Spare part ini berfungsi untuk menampung kertas yang akan digunakan untuk fotocopy, selain melalui feeder tray kertas juga bisa dimasukkan melalui Stack Bypass. Letak Feeder Tray ini dibagian bawah, sehingga memudahkan pengguna nya untuk mengisi ulang kertas.

11. TESMISTOR 

Spare part ini bisa kalian temukan di bagian pemanas atau heater. yang dimana fungsinya untuk mendeteksi suhu kerja dan proteksi mesin agar bekerja pada suhu yang optimal.

Nah,, itulah beberapa Spare Parts penting dalam mesin fotocopy yang wajib kalian ketahui. Biasanya di service center atau pusat penjualan telah menyediakan Spare Parts Mesin Fotocopy juga. Jadi alangkah baiknya kalian menanyakan dulu ketersediaan Spare Part yang kalian butuhkan.


Baca Juga  :

Mesin Fotocopy Untuk Usaha Harga Terjangkau Konica Minolta Bizhub 350

Inilah Tips Untuk Mengatasi Kertas Selalu Nyangkut di Samping ir 5000


0 Response to "Spare Parts Mesin Fotocopy Dan Fungsi UtamaNya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Silakan Subscribe Channel Saya